Pesona Sumberjaya Gerbang Bumi Sekala Bekhak

Lampung Barat-

Sumberjaya merupakan gerbang masuk bagi setiap orang yang akan berkunjung ke Lampung Barat Bumi Sekala Bekhak, sekitar 100m setelah masuk di Perbatasan Lampung Barat dengan Lampung Utara, terdapat Ecopark Pinusan, untuk anda yang suka menikmati kealamian alam, rasakan sensasi Hutan Pinus yang tertata rapi, oleh masyarakat setempat disebut Pinusan yang sudah dikelola baik oleh para pemuda kreatif disekitar hutan pinus tersebut sehingga menjadikannya spot instagramable.

Tidak jauh dari sini, berdiri megah menyambut kehadiran anda, tugu sang Proklamator Ir. Soekarno, didirikan disini karena Ir. Soekarno pernah berkunjung ke Sumberjaya, disini juga merupakan pintu masuk untuk menuju Kebun Tebu, di Kebun Tebu terdapat banyak destinasi pariwisata, salah satu destinasi yang sudah cukup dikenal yaitu Situs Megalitik BATU BERAK, merupakan situs peninggalan pra sejarah yang diyakini dahulu tempat pemukiman dan pemujaan, pertama kali diketemukan pada tahun 1951 oleh Biro Rekonstruksi Nasional. Menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, tersusun rapi batu berbentuk menhir dan berbentuk dolmen di situs megalitik ini.

Untuk anda beristirahat dan sekadar melepas Rest Area Sindang Pagar, terletak di Pekon Sindang Pagar Kecamatan Sumberjaya, berada pada ketinggian yang menarik untuk berlama-lama menikmati alam Lampung Barat, dengan pemandangan sungai way besai yang nampak indah nampak dari lokasi ini, jalan raya yang berkelok-kelok juga nampak menjadi pemandangan indah dari tempat ini, tempat yang cocok untuk sejenak melepas lelah setelah perjalanan dari dan atau menuju Bandar Lampung. Ditempat ini berdiri gagah Patung Muli Batin yang bertuliskan “BUMI SEKALA BEKHAK, sebuah tulisan Selamat Datang di Bumi Asal Saibatin Lampung Barat Sai Betik, selain juga merupakan penggambaran dari sebuah kekayaan budaya dengan tradisi dan tata titi adatnya yang masih terjaga baik hingga kini, yang dapat menjadi spot untuk anda yang suka ber-selfie/wefie bersama keluarga, teman atau pasangan.

Pada pagi hari dan sore hari, lokasi ini diselimuti embun yang membuatnya indah untuk sekedar dinikmati dengan mata kita dan bahkan dengan mata lensa.

Tepat di depan Rest Area terdapat Masjid yang berarsitektur indah dan megah, Masjid Jami Aminatul Jannah. Tak jauh dari tempat ini anda bisa berbelanja oleh-oleh makanan ringan khas Lampung Barat, tepatnya di Talang Bodong.

Selain itu untuk anda yang suka dengan sensasi makan ditengah sawah, anda bisa mampir juga ke dievhacafe, yang dibuat oleh pemiliknya ditengah sawah dengan view pegunungan dan tentunya hamparan sawah.
Masih dengan pesona lainnya, Sumberjaya juga menyimpan kekayaan alam untuk anda yang suka mengunjungi air terjun terdapat banyak spot air terjun dalam wilayah sumberjaya, kebun tebu dan gedung surian, seperti air terjun cengkaan dan air terjun cipta mulia, selain itu hamparan sawah yang membentang dipinggiran jalan kebun tebu juga cukup indah untuk dinikmati, dengan gradasi warna yang begitu elok dipandang mata. (*)

Info & Guide Tour : 081240752577 (Teuku Wahyu  Masata Lampung Barat), Rest Area : 082184872981 (Yamin)

Penulis:

Baca Juga

error: Maaf hubungi Bironya