Minimnya Pembangunan di Kampung KCA Rawa Jitu Tulang Bawang

Harian Jaraknews----
Diduga  banyak terjadi penyimpangan Dana Desa (DD) serta semua peran di desa di ambil alih oleh PJ. kepala desa yang juga sebagai Sekcam kecamatan Rawa jitu selatan yang berinial (IR).

Hal ini berawal saat awak media berkunjung akan konfirmasi ke kepala Kampung karya citra abadi (KCA) kecamatan rawa jitu Selatan Kabupaten tulang bawang.

Sangat Miris kondisi balai kantor kampung karya citra abadi , terlihat tidak adanya aktifitas, kantor desa tertutup rapat dan tak ada satu orang pun perangkat kampung yang ada di kantor kampung setempat.

Hal ini diketahui saat Tim awak media akan konfirmasi kantor kampung pada tanggal 23-desember-2021, terlihat jalan raya menuju kampung karya cipta abadi sangat memperhatinkan susah untuk di lalui oleh masyarakat sekitarnya.

Terlihat disamping kantor desa karya citra abadi , Tampak salah satu pembanguan disamping kantor desa ditahun 2021 informasinya proyek senilai Rp 88,067,500 (delapan puluh delapan juta enam puluh tujuh ribu lima ratus rupiah) dan bangunan tersebut dengan fasilitas sangat minim hanya dengan pondasi tiang cor 10 batang paralon dengan ukuran 6 'In serta ukuran seluas lebar 2 meter dan panjang 10 meter, dengan ketebalan 10 cm.

Kemudian terlihat juga jembatan menuju daratan mengunakan kayu gelam dan susunan bambu dianyam dibangun dengan swadaya masyarakat , hingga bisa untuk akses oleh masyarakat setempat.

Menurut keterangan informasi dari Andi selaku sekertaris desa, yang ditemui tim di kediamannya bahwa Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Karya Citra Abadi tahun 2020 sampai 2021 ini semuanya yang memang dan yang nyelola ADD ( PJ) kepala desa seluruh kegiatan, baik pembelian barang dan pembelanjaan serta semua keuangan, setelah dana desa turun semua uang di bawa oleh kepala desa (PJ) yaitu sekcam Rawa jitu selatan jadi adapun bendahara itu hanya pegang buku rekening saja, terang andi kepada Tim media.

Tekait tidak adanya aktifitas di kantor desa tersebut , Sekdes menjawab

" kuncinya di bawa staf yang masih berada di sawah" kata sekretaris desa.

Sementara Sekcam (IR) saat dikonfirmasi di kantor camat, (sekcam) yang ternyata selaku PJ desa tersebut membenarkan
atas informasi yang tim dapatkan dari sekretaris desa Andi , IR nama inisial Sekcam menjawab bahwa apa yang TIM tanyakan bahwa benar adanya, "terkait Uang dana Desa saya pegang, karna saya takut kena rampok kalau di pegang sama bendahara " ujar (IR) selaku Sekcam dan juga PJ Kepala Kampung .

Dalam hal ini Junaidi selaku Kepala badan DPD LIBAPAN Provinsi Lampung, mengatakan akan melengkapi data berdasarkan hasil Investigasi di desa karya citra Abadi serta akan menindak lanjuti lebih lanjut.

" Kami akan menindaklanjuti temuan ini akan melengkapi data-data hasil investigasi di lapangan kemudian akan meneruskan ke instansi terkait dan institusi Aparat Penegak Hukum (APH) " Tegasnya.(Aptori)

Penulis:

Baca Juga