Tata Kelola Sampah Di Tanggamus Belum Maksimal

HARIAN JARAKNEWS --

Tata Kelola Sampah belum Maksimal, hal itu dikatakan  Ketua Yayasan Penelitian Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat YPPKM , Adi Putra saat melakukan pada Senin,27 November 2022 tim melakukan penelitian dan observasi di lapangan tentang Tata Kelola Sampah (27/11/2022)

Adi Putra , saat melakukan kegiatan kelapangan dalam tata kelola sampah di lingkungan Pemkab Tanggamus menilai
masih banyak sampah yang tidak dikelola dengan baik dan benar.

Ada beberapa titik menjadi tempat penumpukkan dan atau pembuang sampah, kebanyakan sampah-sampah tersebut di buang warga pada satu titik seperti: bantaran sungai atau kali, di tanah-tanah kosong, sudut-sudut kota yang tidak terlihat secara langsung.

Bupati Kabupaten Tanggamus memiliki program yang sangat bagus tentang tata kelola sampah. Program Bupati tersebut tidak berjalan sesuai rencana. Dinas Lingkungan Hidup seharusnya lebih aktif mengedukasi masyarakat dalam hal tata kelola sampah. Yang paling utama adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mencintai kebersihan dengan melakukan kampanye membuang sampah pada tempat yang sistematis, komperhensif dan berkelanjutan.

Tempat Pembuangan Sampah di Belakang perumahan dekat pemkab setempat.

Kedua, pemerintah harus menyiapkan tempat pembuangan sampah di setiap rumah warga dengan membuat tempat pembuangan sampah organik dan non organik.

Ketiga, pemerintah harus membuat sirkulasi pengambilan sampah yang berkelanjutan dari rumah warga, Tempat Pembuangan; Sampah Sementara(TPSS) dan Tempat Pembuangan Sampah Akhir(TPSA).

Ke empat, pemerintah harus meningkatkan armada-armada pengangkut sampah dan teknologi pengelolaan sampah yang memiliki nilai ekonomis.

Apabila kita perhatikan terjadi tempat pembuangan sampah seperti bantaran kali dan tanah-tanah kosong. Pemerintah harus mempersiapkan infrastruktur dengan membuat Tempat yang layak dan representatif untuk jadi Tempat Pembuangan Sampah Sementara(TPSS). Kalau kita perhatikan dijalan menuju jalan Cibodas Pekon Kampung Baru, adanya penumpukan sampah dan berantakan sehingga hampir mengganggu jalan dan berbau kurang enak. Apabila hal tersebut masih dibiarkan, maka akan menjadi image buruk dan kurang bagusnya tata kelola sampah di Kabupaten Tanggamus.

Sampah, apabila di tata dan dikelola dengan baik serta benar akan menghasilkan pundi-pundi uang untuk kas daerah.

Pengelolaan sampah dilakukan dengan sistematis, komperhensif dan berkelanjutan akan menghasilkan produk turunan yang memiliki nilai ekonomis seperti: Pupuk Organik, barang daur ulang, dan dibuat kerajinan seni serta bisa membuat Pembangkit Listrik dari pembakaran sampah.( N Sahbana)

Penulis:

Baca Juga

error: Maaf hubungi Bironya